Pola Umum Curah Hujan di Indonesia

December 3, 2006 at 3:17 am 103 comments

Pola umum curah hujan di Indonesia antara lain dipengaruhi oleh letak geografis. Secara rinci pola umum hujan di Indonesia dapat diuraikan sebagai berikut:

  1. Pantai sebelah barat setiap pulau memperoleh jumlah hujan selalu lebih banyak daripada pantai sebelah timur.

  2. Curah hujan di Indonesia bagian barat lebih besar daripada Indonesia bagian timur. Sebagai contoh, deretan pulau-pulau Jawa, Bali, NTB, dan NTT yang dihubungkan oleh selat-selat sempit, jumlah curah hujan yang terbanyak adalah Jawa Barat.

  3. Curah hujan juga bertambah sesuai dengan ketinggian tempat. Curah hujan terbanyak umumnya berada pada ketinggian antara 600 – 900 m di atas permukaan laut.

  4. Di daerah pedalaman, di semua pulau musim hujan jatuh pada musim pancaroba. Demikian juga halnya di daerah-daerah rawa yang besar.

  5. Bulan maksimum hujan sesuai dengan letak DKAT.

  6. Saat mulai turunnya hujan bergeser dari barat ke timur seperti:
    1) Pantai barat pulau Sumatera sampai ke Bengkulu mendapat hujan terbanyak pada bulan November.
    2) Lampung-Bangka yang letaknya ke timur mendapat hujan terbanyak pada bulan Desember.
    3) Jawa bagian utara, Bali, NTB, dan NTT pada bulan Januari – Februari.

  7. Di Sulawesi Selatan bagian timur, Sulawesi Tenggara, Maluku Tengah, musim hujannya berbeda, yaitu bulan Mei-Juni. Pada saat itu, daerah lain sedang mengalami musim kering. Batas daerah hujan Indonesia barat dan timur terletak pada kira-kira 120( Bujur Timur.


Rata-rata curah hujan di Indonesia untuk setiap tahunnya tidak sama. Namun masih tergolong cukup banyak, yaitu rata-rata 2000 – 3000 mm/tahun. Begitu pula antara tempat yang satu dengan tempat yang lain rata-rata curah hujannya tidak sama.

Ada beberapa daerah yang mendapat curah hujan sangat rendah dan ada pula daerah yang mendapat curah hujan tinggi:

  1. Daerah yang mendapat curah hujan rata-rata per tahun kurang dari 1000 mm, meliputi 0,6% dari luas wilayah Indonesia, di antaranya Nusa Tenggara, dan 2 daerah di Sulawesi (lembah Palu dan Luwuk).

  2. Daerah yang mendapat curah hujan antara 1000 – 2000 mm per tahun di antaranya sebagian Nusa Tenggara, daerah sempit di Merauke, Kepulauan Aru, dan Tanibar.

  3. Daerah yang mendapat curah hujan antara 2000 – 3000 mm per tahun, meliputi Sumatera Timur, Kalimantan Selatan, dan Timur sebagian besar Jawa Barat dan Jawa Tengah, sebagian Irian Jaya, Kepulauan Maluku dan sebagaian besar Sulawesi.

  4. Daerah yang mendapat curah hujan tertinggi lebih dari 3000 mm per tahun meliputi dataran tinggi di Sumatera Barat, Kalimantan Tengah, dataran tinggi Irian bagian tengah, dan beberapa daerah di Jawa, Bali, Lombok, dan Sumba.

Perlu Anda ketahui pula bahwa hujan terbanyak di Indonesia terdapat di Baturaden Jawa Tengah, yaitu curah hujan mencapai 7,069 mm/tahun. Hujan paling sedikit di Palu Sulawesi Tengah, merupakan daerah yang paling kering dengan curah hujan sekitar 547 mm/tahun.

About these ads

Entry filed under: Volkanologi. Tags: .

Hawking : Manusia Harus Jadikan Planet Lain Koloni Pola Pergerakan Angin di Indonesia

103 Comments Add your own

  • 1. aghe  |  December 14, 2006 at 5:10 am

    aq lg bth data2 ttg Kotamadya Salatiga, baik ttg petanya, pola penggunaan lahannya, iklim & curah hujannya serta tingkat erosi yang terjadi di sana. bisa di cariin g?ntar kirim k email aq aja…tengkyu bgt sblm’e…

    Reply
    • 2. lola  |  October 25, 2010 at 4:28 pm

      capek deh

      Reply
  • 3. pandu  |  January 5, 2007 at 9:40 am

    eh, minta data luas kebakaran hutan yang terbaru dong. Sekalian data luas hutan di indonesia sekarang, curah hujannya, sama kerugian akibat kebakaran hutan itu. Kirim aja ke email di atas. Makasih

    Reply
  • 4. klastik  |  January 9, 2007 at 2:50 pm

    untu informasi yang lebih lengkap dan uptodate silahkan buka situs,www.lapanrs.com

    Reply
  • 5. engelce  |  February 28, 2007 at 1:29 am

    minta bantu dong! Gw lagi butuh data tentang karakteristik curah hujan di kepulauan Maluku ni. soalnya ini buat tugas akhir gw.bantuin yach. entar kirim aja ke alamat emaik-ku. thanks b4

    Reply
  • 6. yeyhan  |  March 1, 2007 at 2:31 pm

    mohon data curah hujan di daerah pariman 2005

    Reply
  • 7. Keichiiro Miyuki  |  March 9, 2007 at 9:03 am

    Douzo yoroshiku
    i’m Miyuki
    can i know the graphic of precipitation in Bandung,plis?
    i need them quickly for my school~
    can u giv me in tis week??
    plisssss~~~~

    (U can post them on my email address in Indonesia,i can read them.. ^^)
    >>dapatkah saya meminta grafik mengenai curah hujan di Bandung pada tahun 2004?Kalau bisa,secepatnya..
    saya butuh untuk sekolah saya..

    hontou hontou ni arigatou gozaimasu~~

    “miyuki”

    Reply
  • 8. ade  |  August 24, 2007 at 4:12 pm

    saya lagi butuh deskripsi, tulisan ilmiah&data tentang pola curah hujan di cilacap tahun 2000 buat laporan pl saya.kalo ada tolong kirimin k email saya y.makasih.

    Reply
  • 9. DYAH WIDIASTUTI  |  October 26, 2007 at 7:05 am

    saya sedang membutuhkan data indeks curah hujan kota semarang per bulan dari tahun 2004, 2005 dan 2006. data ini akan saya gunakan sebagai pendukung tulisan ilmiah saya yang akan saya publikasikan, terima kasih

    Reply
  • 10. talita  |  December 19, 2007 at 4:16 am

    nice

    Reply
  • 11. putra pamungkas  |  December 19, 2007 at 5:37 pm

    Thanks.

    Reply
  • 12. Tony  |  January 23, 2008 at 11:22 am

    minta data curah hujan salah satu daerah di jawa barat tahun 1894-1990 dong.. cepetan y.. butuh nie.. tq

    Reply
  • 13. sUzuki KaokI  |  January 24, 2008 at 9:27 am

    ThiS iS cool….

    hOw bOut d lAteSt nEws,,,,4 Ur wEb…
    tHat gOt rELatIon wIth tHe gLobAl wArmIng…?

    AriGattO!!!

    kOnbAnwa

    Reply
  • 14. Melia  |  January 26, 2008 at 8:15 am

    minta data curah hujan salah satu daerah di Jawa Barat tahun 1984-1990..aku butuh banged nih.tlg kirim ke e-mail ku yah..thx.

    Reply
  • 15. Beatrix  |  January 26, 2008 at 10:21 am

    tolongin dong.. aku lagi butuh banget data curah hujan di kota yg terletak di jawa tengah nih, yang mana aja boleh. salatiga kek, semarang, jepara, baturaden, terserah… yg penting dari tahun 2002-2007. kalo ada tolong ya,, aku butuh banget nih. secepatnya yah.. udah hopeless nih,, ada tugas geo. hiks.. dikirim via e-mail aja. sebelumnya makasih banget loh..

    Reply
  • 16. Ryan  |  February 3, 2008 at 10:22 am

    minta tabel / data curah hujan di salah satu daerah di jawa barat tahun 1984 – 1990 dong… kirim aja lewat email… butuh bnget nh… thx !

    Reply
  • 17. karin  |  February 4, 2008 at 11:41 am

    idem kayak diatas tapi thn 1991-1996! please secepatnya kirim ke email aja!

    Reply
  • 18. Viona  |  February 4, 2008 at 1:07 pm

    saya minta tolong krmin tabel tentang curah hujan di kota-kota di jawa tengah dong periode tahun 1986-1990.. Krim lwt email y,thx bgd.. tolong krm secepatnya,ada tgs soalnya..

    Reply
  • 19. adnan  |  February 5, 2008 at 8:53 am

    tolong dong minta curah hujan perairan kalimantan timur tahun 2006 dan 2007 thank before.

    Reply
  • 20. OC  |  February 5, 2008 at 9:42 am

    Minta data curah hujan salah satu kota di jabar taon 1984-1990 dong,,, kirimin k emailku ya…

    Reply
  • 21. t heryoga  |  February 7, 2008 at 4:09 am

    Dengan hormat,
    Jika tidak keberatan dapatkah kami memperoleh data curah hujan selama 10 th terakhir untuk wilayah Nglipar Gunung Kidul Jogjakarta dan sekitarnya ? Demikian permohonan kami atas perhatian dan kerjasanya yang baik kami ucapkan banyak terima kasih. Tatang Heryoga.

    Reply
  • 22. karvel  |  February 7, 2008 at 3:21 pm

    mita data/tabel curah hujan tahun 1991-1995 donk blh kirim ke e-mailku kok terima kasih

    Reply
  • 23. kesuma  |  February 10, 2008 at 11:18 am

    mhn bantuan data curah hujan per tahun utk das bah bolon sumut donk, utk periode tahun 1977 – 2007 utk tugas akhir saya.. plissss kirim ke alamat email saya ya…
    tq b4

    Reply
  • 24. putra pamungkas  |  February 10, 2008 at 9:05 pm

    Untuk Data curah Hujan Mohon lihat di, lapanrs, BMG atau di balitklimat.litbang.deptan.go.id/
    Karena Saya tidak memiliki data curah hujan 1988 – 1997

    Reply
  • 25. odink  |  February 16, 2008 at 9:05 am

    mas2
    gw minta tolong ni
    gw lg butuh data curah hujan di daerah kecamatan pulau pinang kabupaten lahat sumatera selatan dari tahun 1996 ampe 2006
    minta tolong ya ….
    kirim ke email gw aj…
    ok thanks before….

    Reply
  • 26. Herry kristiadi  |  February 24, 2008 at 7:17 am

    Boleh minta tolong?anda punya data curah hujan daerah bekasi tahun 1995-2005?saya sedang menyelesaikan skripsi saya terima kasih.

    Reply
  • 27. Herry kristiadi  |  February 24, 2008 at 7:19 am

    Boleh minta tolong?anda punya data curah hujan daerah bekasi tahun 1995-2005?saya sedang menyelesaikan skripsi saya terima kasih.
    email saya herry_geografi@ayahoo.com
    Terima kasih

    Reply
  • 28. bryan  |  March 3, 2008 at 5:55 am

    boleh minta data curah hujan daerah bekasi tahun 2002 – 2007?saya dapat tugas untuk mencari data..terima kasih.

    Reply
  • 29. heri japar sodik  |  March 3, 2008 at 7:35 am

    assalamualaikum….boleh minta data curah hujan kota/kab se Jawa tdk?penting bgt. sy lagi PKL.disuruh analisis pake data tsb. makasih bnyk.dikrm ke emailku aja.semoga ALLAH membalasnya lebih..

    Reply
  • 30. Dody Irawan  |  March 14, 2008 at 7:44 am

    asslamualaikum….

    Mas, punya data prakiraan curah hujan lampung untuk tahun 2008 gak…?

    Saya sangat berterima kasih sekali bila sudi mengirim ke email saya.

    Terimaksih.

    Reply
  • 31. may  |  March 19, 2008 at 6:29 am

    minta bantuannya..utk data curah hujan keseluruhan daerah indonesia…utk tgs kul ni…tlg y…kl bs pengaruhnya ke geohidrologix,thanks be 4

    Reply
  • 32. edithia  |  March 26, 2008 at 9:40 am

    boleh minta ngga` tabel persebaran curah hujan di indonesia yang terbaru……..
    kalau bisa secepatnya ya…….

    Reply
  • 33. kadarsah  |  April 3, 2008 at 2:29 pm

    Mas Putra,

    Gambar dan tabelnya kok gak terlihat ya..

    Yang alamatnya ada di:

    http://klastik.wordpress.com/2006/12/03/pola-umum-curah-hujan-di-indonesia/

    Gambar 21: Perbandingan pada empat pola curah hujan di Indonesia
    Tabel 3: Curah hujan di Indonesia dalam satu tahun

    Terimakasih

    Reply
  • 34. doyo angkoso  |  September 16, 2009 at 5:34 am

    bagaimana curah hujan di jakarta tentunya pada saat bulan september ini, mohon dijawab om!

    Reply
  • 35. heny  |  October 18, 2009 at 3:37 pm

    mas klo mau download data curah hujan perpropinsi secara kuantitatif itu datanya dapat dicari dimana klo mas punya saya minta dunk makasih sebelumnya

    Reply
  • 36. anggy  |  January 14, 2010 at 3:46 am

    minta data curah hujan, suhu n kelembaban selama bulan april-November 2009 di bulaksumur kota Yogyakarta, bs g?kirim lewat email aja y..tq..

    Reply
  • 37. onenl  |  February 3, 2010 at 12:06 pm

    minta data curah hujan, suhu n kelembapan suhu di indonesia bgian barat, tengah n timur.
    tlg krmin yg cpt ya………. hrs skrg loh.sebelumnya mksh

    Reply
    • 38. aang  |  March 1, 2010 at 8:55 am

      MINTA DATA CURAH HUJAN DAERAH GUNUNG KIDUL DARI TAHUN 1995-2005
      TERIMA KASIH…
      TOLONG YAK KLO BISA SECEPATNYA

      Reply
      • 39. Sri astuti  |  December 8, 2010 at 5:48 am

        Tolonmg kirimkan informasi data curah hujan tahunan di Kotamadya Yogyakarta tahun 2007 – 2010

  • 40. NUR  |  February 15, 2010 at 9:33 am

    KOK GAK LENGKAP SIH

    Reply
  • 41. Rizki  |  March 10, 2010 at 10:30 am

    Mas.. Tolg curah hujan di Maluku Utara.. Bwt tugas sekolah,.. Susah dicari..

    Reply
  • 42. evi  |  March 27, 2010 at 4:22 pm

    met malam …
    mas tolong kirim data curah hujan kabupaten gunungkidul, jogja tahun 10 tahun (1998-2008) ke email saya. thanx before

    Reply
  • 43. Rani  |  April 21, 2010 at 8:08 am

    mas,minta tolong untuk data curah hujan kota Palembang tahun 2009 bisa gak mas?
    Makasih sebelumnya.

    Reply
  • 44. edy  |  May 10, 2010 at 5:11 am

    mas minta data curah hujan bandar lampung tahun 2009 donk,,,,,,,,,

    Reply
  • 45. edy  |  May 10, 2010 at 5:12 am

    minta data curah hujan bandar lampung tahun 2009 donk,,,

    Reply
  • 46. Ma  |  May 23, 2010 at 1:36 am

    Bisa bantu ga. Aku lg buth data TRMM bulanan selama 30 tahun untuk pulau jawa. aku butuh buat tugas akhir nih. please…
    makasih

    Reply
  • 47. dedhe  |  May 23, 2010 at 5:01 pm

    boleh gak minta curah hujan di kabupaten bone bolango dan kota gorontalo di propinsi gorontalo?butuh malam ini.. bisa gak ^_^… utk KTI.. trus punya artikel ttg kanal juga gak??..
    makasih ya sebelumnya ^_^

    Reply
  • 48. aini  |  May 24, 2010 at 4:18 pm

    minta data curah hujan jogjakarta bisa kah??
    mkasii.

    Reply
  • 49. sinta  |  May 25, 2010 at 3:36 am

    bagaimana dengan Bogor yang memiliki julukan “Kota Hujan”? apakah Bogor bukanlah kota dengan curah hujan tertinggi di Indonesia lagi sekarang?

    Reply
  • 50. thiass  |  May 29, 2010 at 1:29 pm

    maaf saia ingin meminta data curah hujan bulanan propinsi Jawa Tengah dan DIY dalam rentang waktu yang lama,,,trims sebelumnya..

    Reply
  • 51. Asep Saepulloh  |  June 25, 2010 at 8:22 am

    Barangkali Bapak/Abang punya data CH Dan Klomatologi daerah Muara Teweh Kalteng? Bantuannya sungguh sangat berarti, untuk analisa sebit sumber Pak

    Reply
  • 52. Asep Saepulloh  |  June 25, 2010 at 8:25 am

    Trutama dt Klimatologi : Temperatur, kecepatan angin. Kelembaban, dan Penyinaran Matahari. Trksh

    Reply
  • 53. herdi  |  September 1, 2010 at 11:56 am

    tolong cariin data curah hujan di daerah bogor

    Reply
  • 54. noi belo  |  September 14, 2010 at 9:03 am

    tolong kirim kan data curah hujan di daerah yogja ke email saya guna untuk menyusun tugas akhir terima kasih tolong ya pak …………….. bls

    Reply
  • 55. nursalim  |  September 23, 2010 at 12:06 am

    mohon dikirim data curah hujan kab rembang dari tahun 1998-2008 atau sebaliknya kemaraunya

    Reply
  • 56. agus  |  October 25, 2010 at 5:55 pm

    tolong kirimi dat curah hujan harian untuk bulan juli-agustus-september 2010. please….

    Reply
  • 57. agus  |  October 25, 2010 at 5:57 pm

    utk daerah jakarta selatan dan barat, u/ pelaporan, tolong pak !!

    Reply
  • 58. halim  |  October 26, 2010 at 12:41 pm

    aku minta data curah hujan tahun 2009 di jakarta ….
    butuh banget nyh..
    tolong yah..
    thanks

    Reply
    • 59. Dian  |  October 27, 2010 at 3:17 am

      Mohon curah hujan kota palembang tahun 2009 n 2010 dunk
      trims yah

      Reply
  • 60. halim  |  October 26, 2010 at 12:42 pm

    tolong yah pak krim ke email ku..
    makasih.

    Reply
    • 61. armien tri wuriyanto  |  November 5, 2010 at 9:17 am

      tolong ya pak, mohon dikirim data curah hujan wilayah Kabupaten bogor Khususnya wilayah Puncak dari tahun 1995 s/d 2010. terimakasih…….

      Reply
  • 62. armien tri  |  November 5, 2010 at 9:11 am

    tolong ya pak, mohon dikirim data curah hujan wilayah Kabupaten bogor Khususnya wilayah Puncak dari tahun 1995 s/d 2010.

    Reply
  • [...] oleh letak geografis. Secara rinci pola umum hujan di Indonesia dapat diuraikan sebagai berikut ( http://klastik.wordpress.com/2006/12/03/pola-umum-curah-hujan-di-indonesia/ ) [...]

    Reply
  • 64. Wempy  |  February 22, 2011 at 11:26 am

    Mohon dikirim data curah hujan wilayah Kabupaten Parimo ( sulwesi tengah ) dari tahun 2008-2010 dan istimasi curah hujan pada thn 2011. Tolong yah Pak krim ke email ku…makasih.

    Reply
  • 65. Zaniel  |  March 1, 2011 at 5:01 am

    salam,
    Saya lagi butuh data tentang rata – rata curah hujan dan temperatur bulanan tahun 2010 khususnya di kawasan NTT.
    Atas bantuan dan informasinya saya ucapkan terima kasih….

    Reply
  • 66. Zaniel  |  March 1, 2011 at 5:04 am

    Salam,
    Saya lagi butuh data tentang rata – rata curah hujan dan temperatur bulanan (januari s\d desember) di kawasan NTT untuk tahun 2010.
    Atas bantuan dan informasinya saya ucapkan terimakasih…..

    Reply
  • 67. Livardy Wufianto  |  April 1, 2011 at 2:32 pm

    Salam.
    Tolong dikirimkan tabel data curah hujan
    Provinsi di Indonesia untuk tahun 2010

    Reply
  • 68. Livardy Wufianto  |  April 1, 2011 at 2:40 pm

    Salam.
    Tolong dikirimkan tabel data curah hujan bulanan
    Provinsi di Indonesia untuk tahun 2010

    Reply
  • 69. Yoshi  |  April 8, 2011 at 10:42 am

    Mohon dikirim wilayah Indonesia yangter banyak menerima curah hujan dgn rata”curah hujan sebesar 11.000 milimeter

    Reply
    • 70. koko  |  September 9, 2011 at 4:47 am

      liat aja d bku !!!!!!
      itu aj kok repot !

      Reply
  • 71. Yoshi  |  April 8, 2011 at 10:45 am

    Mohon dikirimkan data kota di Indonesia yang menerima rata” curah hujan setahun sebesar 11000 milimeter.Tolong secepatnya.Thanks

    Reply
  • 72. dhiaz  |  April 25, 2011 at 1:42 pm

    Maaf bisa dikirimkan data curah hujan bogor tahun 2000-2009 Pak, buat penelitian, kalo bisa asap, terimakasih

    Reply
  • 73. meilan  |  May 4, 2011 at 3:01 am

    saya memerlukan data suhu dan curah hujan untuk stasiun bantun kerbo kabupaten Dairi Sumatera Utara tahun 2001-2010 untuk penyelesaian tugas akhir saya….
    mohon dengan sangat bantuannya….

    trimsss ya pak/bu………..

    Reply
  • 74. ridhoa  |  May 28, 2011 at 9:09 am

    hahaha minta data di BMKG aja semua…hahaha

    Reply
  • 75. Anya  |  June 19, 2011 at 1:45 pm

    Mnta materi kelembaban udara dan curah hujan..untuk pmbuatan krya ilmiah. yg lngkap

    Reply
  • 76. liza  |  June 29, 2011 at 7:35 am

    tlg minta data curah hujan dan iklim d stiap kota & kabupaten d sumbar…
    trim’s byk pak…

    Reply
  • 77. mia  |  September 9, 2011 at 4:45 am

    tolong krimkn data curah hujan bulanan dikota pekanbaru dgn intesitas 100mm,50 mm,dan antara 50 smpai 100mm
    tlong ya,
    saya butuh untuk tgs skolh sya..
    klau bleh ,hri ini d tmpilkn
    trima ksih…..

    Reply
  • 78. IMAJINASI PASAWAHAN  |  December 29, 2011 at 4:41 am

    lam kenal

    Reply
  • 79. IMAJINASI PASAWAHAN  |  December 29, 2011 at 4:42 am

    lam kenal dari orang takokak

    Reply
  • 81. sandra  |  February 29, 2012 at 4:55 am

    Reblogged this on alter igo.

    Reply
  • 82. puspa  |  May 6, 2012 at 1:02 pm

    maaf banget ya sebelumnya, bantuin aku dong ! aku punya tugas sekolah, tolonh minta dta curah hujan tertinggi dan terendah di indonesia
    kalo bisa, sekarang di kirimin ya !

    Reply
  • 83. Iwan Marjuk  |  May 7, 2012 at 10:24 am

    pak,, saya lagi butuh data curah hujan untuk wilayah jawa barat dari tahun 2007 sampai April 2012 guna penelitian tugas akhir sya.. tolong dikirimin ke alamat email saya.. mohon bantuannya pak terima kasih..

    Reply
  • 84. Iwan Marjuk  |  May 7, 2012 at 10:26 am

    kalo bisa minggu ini ya pak dikiriminnya soalnya hari jumat harus sudah ada la[porannya… mohon bantuannya pak terima kasih..

    Reply
  • 85. affxtion189  |  May 29, 2012 at 4:49 pm

    thanks bgt atas materinya. this really help me^^

    Reply
  • 86. Penyandur  |  July 25, 2012 at 7:55 am

    Pada gila apa ya, minta tolong udah kaya apaan tau, nyadarrrr oiyyyyyyyyy….

    u minta tolong sama orang lain bukan sama pembantu sendiri…

    Reply
  • 87. paulinus adi saputra  |  December 6, 2012 at 3:16 pm

    bagaimana cara untk mendpatkn data curah hujan selama 10thn…
    jika tman-tman mempunyai data nya tlong kirm d’email sya ya..trima kasih atas bantuan teman-teman.

    Reply
  • 88. indah  |  February 26, 2013 at 4:29 am

    waaahh. mebantu bgt. thx ya..

    Reply
  • 89. yunanda  |  March 26, 2013 at 1:48 pm

    Dengan Hormat.
    Saya butuh data rata-rata curah hujan kabupaten/kota di jawa timur tahun 2008-2011 untuk T.A saya,. saya mohon bantuanya ya, kirim di email saya.. yunanda47@gmail.com
    terimakasih..

    Reply
  • 90. gusto  |  April 3, 2013 at 5:11 pm

    Thx buat infonya min \o/ :D

    Reply
  • 91. nurma  |  April 24, 2013 at 4:42 am

    minta data, intensitas curah hujan kabupaten bandung yahun2009-2012,, kalaw bisa lebih spesifik lagi untuk daerah Banjaran (kbupaten bandung). kirim ke emial saya nurma.rianna@yahoo.com

    Reply
  • 92. Q-an Mane da Lopes  |  May 29, 2013 at 4:30 am

    minta data curah hujan flores NTT 10 tahun terakhir,soalnya ni bwt tugas akhir aku.tolong ya,please……….
    kalau ada krm aja lewat FB aku….

    Reply
  • 93. Cheryl  |  June 25, 2013 at 3:13 pm

    I absolutely love your blog and find many of your post’s to be exactly I’m looking for.
    Do you offer guest writers to write content for
    you? I wouldn’t mind writing a post or elaborating on most of the subjects you write concerning here. Again, awesome web log!

    Reply
  • 94. Sylvania  |  August 26, 2013 at 12:09 pm

    ada yang tau daerah terkering di indonesia?

    Reply
  • 95. Muhammad Rizsal Maldyni  |  September 1, 2013 at 9:38 am

    :D

    Reply
    • 96. vigaca123  |  September 9, 2013 at 11:55 am

      bhee

      Reply
  • 97. maretha nur cahyanti  |  September 12, 2013 at 8:33 am

    butuh uraian wilayah yg curah hujan rendah, wilayah mana aj yg curah hujannya tinggi, kondisi wilayah yg brada pd curah hujan tinggi dan rendah

    Reply
  • 98. alisa  |  September 17, 2013 at 7:45 am

    minta nama daerah dataran rendah & dataran tinggi di indonesia sekalian mata pencahariannya

    Reply
  • 99. Curah Hujan  |  December 31, 2013 at 10:35 pm

    Wah penjelasannya manteb bener nih :D

    Terima kasih yah, saya sangat terbantu sekali

    Reply
  • 100. Aris Budiarso  |  January 15, 2014 at 1:14 am

    Salam, saya sedang membutuhkan data curah hujan selama 30 tahun terakhir di daerah: Jambi, Palembang, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur. Terima kasih sebelumnya.

    Reply
  • 101. Maxgrosir  |  January 28, 2014 at 4:05 am

    kalo ngomong soal hujan pasti ada kaitannya dengan bencana banjir, dan disitulah banyak orang resah seperti masyarakat di ibukota jakarta sekarang 2014

    Reply
  • 102. nurul maulida  |  February 19, 2014 at 5:02 am

    asllmlkm…minta data curah hujan dan suhu prov.sumatera selatan 2005 2004 dan 2003. terima kasih

    Reply
  • 103. Bayu  |  April 4, 2014 at 2:57 pm

    Assm..perkenalkan saya sedang menyusun disertasi membutuhkan data curah hujan bulalan dari BMKG selama 20 tahun terakhir di Indonesia,, Apakah Bapak punya?tks sebelumnya..Wass

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


SELAMAT DATANG

Tulisan Baru

Tulisan sebelumnya

Yang Lagi Baca

page counter

Pengunjung Situs Ini

Pengunjung

  • 516,351 Pembaca
Pagerank

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Join 9 other followers


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: