TANAH LONGSOR

January 15, 2008 at 3:07 pm 33 comments

Tanah longsor adalah perpindahan material pembentuk lereng berupa batuan, bahan rombakan, tanah, atau material campuran tersebut, bergerak ke bawah atau keluar lereng. Proses terjadinya tanah longsor dapat diterangkan sebagai berikut: air yang meresap ke dalam tanah akan menambah bobot tanah. Jika air tersebut menembus sampai tanah kedap air yang berperan sebagai bidang gelincir, maka tanah menjadi licin dan tanah pelapukan di atasnya akan bergerak mengikuti lereng dan keluar lereng.
JENIS TANAH LONGSOR
Ada 6 jenis tanah longsor, yakni: longsoran translasi, longsoran rotasi, pergerakan blok, runtuhan batu, rayapan tanah, dan aliran bahan rombakan. Jenis longsoran translasi dan rotasi paling banyak terjadi di Indonesia. Sedangkan longsoran yang paling banyak memakan korban jiwa manusia adalah aliran bahan rombakan.
1. Longsoran Translasi
Longsoran translasi adalah ber-geraknya massa tanah dan batuan pada bidang gelincir berbentuk rata atau menggelombang landai.
2. Longsoran Rotasi
Longsoran rotasi adalah bergerak-nya massa tanah dan batuan pada bidang gelincir berbentuk cekung.
3. Pergerakan Blok
Pergerakan blok adalah perpindahan batuan yang bergerak pada bidang gelincir berbentuk rata. Longsoran ini disebut juga longsoran translasi blok batu.
4. Runtuhan Batu
Runtuhan batu terjadi ketika sejum-lah besar batuan atau material lain bergerak ke bawah dengan cara jatuh bebas. Umumnya terjadi pada lereng yang terjal hingga meng-gantung terutama di daerah pantai. Batu-batu besar yang jatuh dapat menyebabkan kerusakan yang parah.
5. Rayapan Tanah
Rayapan Tanah adalah jenis tanah longsor yang bergerak lambat. Jenis tanahnya berupa butiran kasar dan halus. Jenis tanah longsor ini hampir tidak dapat dikenali. Setelah waktu yang cukup lama longsor jenis rayapan ini bisa menyebabkan tiang-tiang telepon, pohon, atau rumah miring ke bawah.
6. Aliran Bahan Rombakan
Jenis tanah longsor ini terjadi ketika massa tanah bergerak didorong oleh air. Kecepatan aliran tergantung pada kemiringan lereng, volume dan tekanan air, dan jenis materialnya. Gerakannya terjadi di sepanjang lembah dan mampu mencapai ratusan meter jauhnya. Di beberapa tempat bisa sampai ribuan meter seperti di daerah aliran sungai di sekitar gunungapi. Aliran tanah ini dapat menelan korban cukup banyak.
GEJALA UMUM TANAH LONGSOR
  • Munculnya retakan-retakan di lereng yang sejajar dengan arah tebing.
  • Biasanya terjadi setelah hujan.
  • Munculnya mata air baru secara tiba-tiba.
  • Tebing rapuh dan kerikil mulai berjatuhan.
PENYEBAB TERJADINYA TANAH LONGSOR
Pada prinsipnya tanah longsor terjadi bila gaya pendorong pada lereng lebih besar daripada gaya penahan. Gaya penahan umumnya dipengaruhi oleh kekuatan batuan dan kepadatan tanah. Sedangkan gaya pendorong dipengaruhi oleh besarnya sudut lereng, air, beban serta berat jenis tanah batuan.

Sumber dari pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi

About these ads

Entry filed under: Bencana. Tags: .

Pengenalan Alat GEORADAR/GPR Melihat Kota Jogja Dari Bukit Hargodumilah

33 Comments Add your own

  • 1. Kefas Cahya Ningrat Sem  |  August 10, 2009 at 1:05 pm

    TERIMA KASIH BANYAK ATAS KETERANGANYA MENGENAI TANAH LONGSOR.
    DENGAN BEGINI SAYA LEBIH MUDAH BELAJAR DI SMAN 3 MADIUN

    Reply
  • 2. das  |  February 11, 2010 at 2:51 am

    thank you

    Reply
  • 3. devani  |  February 16, 2010 at 11:36 am

    makasii banyak yaa ..
    aku jadii bisa dapet artikel yang bagus

    Reply
  • 4. rudi  |  April 20, 2010 at 4:53 am

    bayaki pengetahuan baru yang seru seru gitu agar kita kita ni pelajar dapat menikmati web ada ataupun mengunduh wacana tambahidong pragran berita yang nambah seru tu apalagi berita tentang pelajar jangan neko neko menjadi web yang seru amien

    Reply
  • 5. Raion  |  July 23, 2010 at 3:02 am

    makasiiihh… sya dapat info deh buat tugas PLH! arigato gozaimashita!! mudah-mudahan dapat info berguna lagi, biar sya bisa melihat lagiii.. hehe

    Reply
  • 6. Ardi  |  August 7, 2010 at 7:28 am

    makasih taz info Tanah Longsor’a skarang sy lbh mdh blajar PLH d SMPN 1 Karawang Barat

    Reply
  • 7. N Rohim  |  August 26, 2010 at 8:30 am

    thank’ for your artikel…

    Reply
  • 8. N Rohim  |  August 26, 2010 at 8:39 am

    thank’s for your artikel…
    saya jadi bsa tahu tntng tanah longsor

    Reply
  • 9. farhan  |  October 19, 2010 at 8:09 am

    terimakasih atas info tentang tanah longsor

    Reply
  • 10. thandz-  |  October 24, 2010 at 1:34 pm

    thx bwt infonya tp bisa agak lebih banyak ga ? makasih ^^

    Reply
  • 11. Yuuki  |  January 1, 2011 at 2:34 pm

    terima kasih atas artikelnya berkat artikel ini saya jadi bisa mengerjakan tgs dari sekolah dgn baik. ^_^

    Reply
  • 13. Anastasia Amanda  |  January 3, 2011 at 8:45 am

    Makasih ya atas artikel tanah longsornya….sehingga aku jadi enak g perlu repot2 nyari2 artikel tn ini buat tgs

    Reply
  • 14. andik  |  January 6, 2011 at 11:54 am

    terima kasih banyak atas infonya yang membantu. semoga kedepannya lebih banyak lagi artikel2 yang membantu lagi

    Reply
  • 15. Siapa ya???  |  January 8, 2011 at 12:08 pm

    thanks, bwt tugas klas 6 jdi gmpang

    Reply
  • 16. Lukisan Abstrak  |  January 10, 2011 at 7:43 am

    keren bngt,..

    Reply
  • 17. Azaria Bianda  |  January 10, 2011 at 2:12 pm

    makasii yaa :D , tugas buat kelas 6 neh , mana bsssok dikumpulin lageeh –”

    7 artikel coba ? bayangin ?! ah payah !

    bbebey ,

    Reply
  • 18. eleno  |  January 20, 2011 at 2:00 pm

    makasi ya buat yang uda bikin artikel ini, coz uda ngebantu gue banget buat ngrjain tugas…
    thaks.. :)

    Reply
  • 19. servinia alivah  |  January 26, 2011 at 6:36 am

    makasih ya … karena ini aku jadi bisa bikin pr .. aqu…
    thanks banget .. dehh

    Reply
  • 20. ayu lestari  |  February 6, 2011 at 11:25 am

    thanks yea atas infonya.saya jadi tau tntang tnah longsor lbh bnyak lagi

    Reply
  • 21. mauki  |  July 25, 2011 at 11:22 am

    thanks for artikel yaaa ..
    kebetulan banget lagi stress nyari tugas geologi

    Reply
  • 22. AnaQ BaeK  |  September 13, 2011 at 10:39 am

    thanks ya ….. dsini lebih lengkap d banding wikipedia …..

    Reply
  • 23. Jossefa Almanita  |  January 9, 2012 at 12:19 pm

    artikelnya ajib banget, dapet A nih ;;) thank you.

    Reply
  • 24. qurrotul  |  March 10, 2012 at 12:17 pm

    thanks ya..

    Reply
  • 25. melanii  |  June 14, 2012 at 6:08 am

    hihihi …. thanks yee .. :D

    Reply
  • 26. Kanata  |  August 5, 2012 at 2:47 pm

    Terima kasih yaa..
    infonya berguna sekali sehingga dpat mempercepat saya menyelesaikan tugas :)

    Reply
  • 27. Vii  |  August 23, 2012 at 10:52 pm

    Alhamdullilah…:)
    the last thakss…

    Reply
  • 28. richard  |  August 27, 2012 at 3:04 pm

    Wahh untuk ada web ini…terima kasih ya… :D

    Reply
  • 29. rizky putra  |  September 9, 2012 at 2:07 am

    thanks for all kak ..

    Reply
  • 30. yana  |  September 25, 2012 at 1:22 pm

    terima kasih yaaaa karna ini aku dapat menyelesaikan tugasku….:)

    Reply
  • 31. Mounthaz  |  September 26, 2012 at 12:58 pm

    Terima kasih atas semuanya kak
    akhirnya selesai juga PR aku

    Reply
  • 32. Cista  |  September 27, 2012 at 11:23 am

    waaaw… makasiih yaa… usefull banget lhoo…

    Reply
  • 33. saraf kejepit  |  February 28, 2013 at 8:57 am

    dampak negatif dari tanah longsor apa saja ?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Subscribe to the comments via RSS Feed


SELAMAT DATANG

Tulisan Baru

RSS Info Gempa

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Tulisan sebelumnya

Yang Lagi Baca

page counter

Pengunjung Situs Ini

Pengunjung

  • 541,858 Pembaca
Pagerank

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Join 9 other followers


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: