LITHOSFER

December 2, 2006 at 9:35 pm 145 comments

A.

Struktur Lapisan Kulit Bumi (litosfer)
Lithosfer berasal dari bahasa yunani yaitu lithos artinya batuan, dan sphera artinya lapisan lithosfer yaitu lapisan kerak bumi yang paling luar dan terdiri atas batuan dengan ketebalan rata-rata 1200 km.

Perlu anda pahami bahwa yang dimaksud batuan bukanlah benda yang keras saja berupa batu dalam kehidupan sehari hari, namun juga dalam bentuk tanah liat, abu gunung api, pasir, kerikil dan sebagainya.
Tebal kulit bumi tidak merata, kulit bumi di bagian benua atau daratan lebih tebal dari di bawah samudra.

Bumi tersusun atas beberapa lapisan yaitu:

a.

Barisfer yaitu lapisan inti bumi yang merupakan bahan padat yang tersusun dari lapisan nife (niccolum=nikel dan ferum besi) jari jari barisfer +- 3.470 km.

b.

Lapisan antara yaitu lapisan yang terdapat di atas nife tebal 1700 km. Lapisan ini disebut juga asthenosfer mautle/mautel), merupakan bahan cair bersuhu tinggi dan berpijar. Berat jenisnya 5 gr/cm3.

c.

Lithosfer yaitu lapisan paling luar yang terletak di atas lapisan antara dengan ketebalan 1200km berat jenis rata-rata 2,8 gram/cm3.

Structure of hte oceanic and continental lithosphere

Gambar : Struktur Lithospheric. Bagian Kiri Menunjukkan oceanic lithosphere; Bagian kanan menunjukkan continental lithosphere. Digambar ulang oleh Keary and Vine (1996)

www.geologyrocks.co.uk

 

Lithosfer disebut juga kulit bumi terdiri dua bagian yaitu:

1.

Lapisan sial yaitu lapisan kulit bumi yang tersusun atas logam silisium dan alumunium, senyawanya dalam bentuk SiO2 dan AL 2 O3.
Pada lapisan sial (silisium dan alumunium) ini antara lain terdapat batuan sedimen, granit andesit jenis-jenis batuan metamor, dan batuan lain yang terdapat di daratan benua.

batuan metamorf yaitu batuan yang berubah bentuknya akibat pengaruh tekanan, temperatur dan waktu

batuan sedimen yaitu batuan yang terjadi dari hasil proses pengendapan

Lapisan sial dinamakan juga lapisan kerak bersifat padat dan batu bertebaran rata-rata 35km.

Kerak bumi ini terbagi menjadi dua bagian yaitu:

- Kerak benua : merupakan benda padat yang terdiri dari batuan granit di bagian atasnya dan batuan beku basalt di bagian bawahnya. Kerak ini yang merupakan benua.
- Kerak samudra : merupakan benda padat yang terdiri dari endapan di laut pada bagian atas, kemudian di bawahnya batuan batuan vulkanik dan yang paling bawah tersusun dari batuan beku gabro dan peridolit. Kerak ini menempati dasar samudra

2.

Lapisan sima (silisium magnesium) yaitu lapisan kulit bumi yang tersusun oleh logam logam silisium dan magnesium dalam bentuk senyawa Si O2 dan Mg O lapisan ini mempunyai berat jenis yang lebih besar dari pada lapisan sial karena mengandung besi dan magnesium yaitu mineral ferro magnesium dan batuan basalt. Lapisan merupakan bahan yang bersipat elastis dan mepunyai ketebalan rata rata 65 km .

  Perhatikan gambar penampang bumi berikut ini:

1. Batuan pembentuk lithosfer

a.

Batuan beku

b.

Batuan sedimen

c.

Batuan metamorf
   
 

Semua batuan pada mulanya dari magma
Magma keluar di permukaan bumi antara lain melalui puncak gunung berapi. Gunung berapi ada di daratan ada pula yang di lautan. Magma yang sudah mencapai permukaan bumi akan membeku. Magma yang membeku kemudian menjadi batuan beku. Batuan beku muka bumi selama beribu-ribu tahun lamanya dapat hancur terurai selama terkena panas, hujan, serta aktifitas tumbuhan dan hewan.

Selanjutnya hancuran batuan tersebut tersangkut oleh air, angin atau hewan ke tempat lain untuk diendapkan. Hancuran batuan yang diendapkan disebut batuan endapan atau batuan sedimen. Baik batuan sedimen atau beku dapat berubah bentuk dalam waktu yang sangat lama karena adanya perubahan temperatur dan tekanan. Batuan yang berubah bentuk disebut batuan malihan atau batuan metamorf.

Untuk lebih memahami jenis-jenis batuan perhatikan uraian berikut:

a.

Batuan Beku
Ada dua macam batuan beku, yaitu batuan beku dalam (contohnya

batu granit

), dan batuan beku luar (contohnya batu andesit.)

Untuk Mengetahui ketepatan batuan jenis batuan harus dilakukan uji laboratorium dengan menggunakan mikroskop untuk melihat bentuk kristal batuanya.
Jenis-jenis batuan beku

b.

Batuan sedimen
Ada beberapa macam batuan sedimen, yaitu batuan sedimen klastik, sedimen kimiawi dan sedimen organic. Sedimen klastik berupa campuran hancuran batuan beku, contohnya
breksi

, konglomerat

dan batu pasir. Sedimen kimiawi berupa endapan dari suatu pelarutan, contohnya batu kapur

dan batu giok. Sedimen organic berupa endapan sisa sisa hewan dan tumbuhan laut contohnya batu gamping

dan koral

.
Jenis-jenis batuan sedimen

c.

Batuan Malihan (Batuan Metamorf)
Batuan malihan atau metamorf adalah batuan yang berubah bentuk. Contohnya kapur (kalsit) berubah menjadi marmer

, atau batuan kuarsa menjadi kuarsit

.
Jenis-jenis batuan metamorf

2. Pemanfaatan lithosfer

 

Lithosfer merupakan bagian bumi yang langsung berpengaruh terhadap kehidupan dan memiluki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan di bumi. Lithosfer bagian atas merupakan tempat hidup bagi manusia, hewan dan tanaman. Manusia melakukan aktifitas di atas lithosfer.
Selanjutnya lithosfer bagian bawah mengandung bahan bahan mineral yang sangat bermanfaat bagi manusia. Bahan bahan mineral atau tambang yang berasal dari lithosfer bagian bawah diantaranya minyak bumi dan gas, emas, batu bara, besi, nikel dan timah.

Melihat manfaat Litthosfer yang demikian besar tersebut sepantasnyalah kita selalu bersyukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

   

3. Bentuk muka bumi sebagai akibat proses vulkanisme dan diatropisme.

 

Mengapa bentuk permukaan bumi tidak merata. Hal ini disebabkan karena adanya pengaruh dari luar bumi dan dalam bumi itu sendiri.

Pengaruh dari dalam bumi berupa suatu tenaga yang sangat besar sehingga dapat membentuk muka bumi yang beraneka ragam. Tenaga yang berasal dari dalam bumi disebut tenaga endogen. Tenaga yang berasal dari luar bumi disebut tenaga eksogen. Tenaga eksogen bersifat merusak bentuk bentuk permukaan bumi yang dibangun atas tenaga endogen.

Tenaga endogen meliputi tektonisme, vulkanisme dan seisme, sedangkan tenaga eksogen meliputi pengikisan dan pengendapan.
Tenaga eksogen antara lain meliputi pelapukan (weathering) dan erosi (pengikisan).

1.

Gejala vulkanisme.
Vulkanisme yaitu peristiwa yang sehubungan dengan naiknya magma dari dalam perut bumi.
Magma adalah campuran batu-batuan dalam keadaan cair, liat serta sangat panas yang berada dalam perut bumi. Aktifitas magma disebabkan oleh tingginya suhu magma dan banyaknya gas yang terkandung di dalamnya sehingga dapat terjadi retakan-retakan dan pergeseran lempeng kulit bumi.Magma dapat berbentuk gas padat dan cair.

Proses terjadinya vulkanisme dipengaruhi oleh aktivitas magma yang menyusup ke lithosfer (kulit bumi). Apabila penyusupan magma hanya sebatas kulit bumi bagian dalam dinamakan intrusi magma. Sedangkan penyusupan magma sampai keluar ke permukaan bumi disebut ekstrusi magma. Sampai di sini apakah anda dapat memahami. kalau anda sudah memahami mari ikuti penjelasan berikutnya!

1.1

Intrusi magma
intrusi magma adalah peristiwa menyusupnya magma di antara lapisan batu-batuan, tetapi tidak mencapai permukaan bumi. Intrusi magma dapat dibedakan menjadi empat, yaitu:

a)

Intrusi datar (sill atau lempeng intrusi), yaitu magma menyusup diantara dua lapisan batuan, mendatar dan pararel dengan lapisan batuan tersebut.

b)

Lakolit, yaitu magma yang menerobos di antara lapisan bumi paling atas. Bentuknya seperti lensa cembung atau kue serabi.

c)

Gang (korok), yaitu batuan hasil intrusi magma yang menyusup dan membeku di sela sela lipatan (korok).

d)

Diaterma adalah lubang (pipa) diantara dapur magma dan kepundan gunung berapi bentuknya seperti silinder memanjang.

1.2

Ekstrusi magma
Ekstrusi magma adalah peristiwa penyusupan magma hingga keluar Permukaan bumi dan membentuk gunung api. Hal ini terjadi bila tekanan Gas cukup kuat dan ada retakan pada kulit bumi . Ekstrusi magma dapat di bedakan Menjadi:

a)

Erupsi linier, yaitu magma keluar melalui retakan pada kulit bumi, berbentukKerucut gunung api.

b)

Erupsi sentral, yaitu magma yang keluar melalui sebuah lubang permukaan bumi dan membentuk gunung yang letaknya tersendiri.

c)

Erupsi areal, yaitu magma yang meleleh pada permukaan bumi karena letak Magma yang sangat dekat dengan permukaan bumi, sehingga terbentuk kawah gunung berapi yang sangat luas.

  Perhatikan gambar berikut ini!
 

Gunung merupakan tonjolan pada kulit bumi yang terdiri dari lereng dan puncak.

Rangkaian dari gunung-gunung membentuk pegunungan. Gunung dan pegunungan terbentuk karena adanya tenaga endogen.
Apabila suatu tempat di permukaan bumi yang pernah atau masih mengeluarkan magma maka terbentuklah gunung berapi.

Berdasarkan tipe letusan gunung berapi dapat dibedakan menjadi tiga yaitu:

a)

Gunungapi strato atau kerucut.
Kebanyakan gunung berapi di dunia merupakan gunung api kerucut. Letusan pada gunung api kerucut termasuk letusan kecil.letusan dapat berupa lelehan batuan yang panas dan cair. Seringnya terjadi lelehan menyebabkan lereng gunung berlapis lapis.Oleh karena itu, gunung api ini disebut gunung api strato. Sebagian besar gunung berapi di Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara dan Maluku termasuk gunung api kerucut.

b)

Gunung api maar.
Bentuk gunung api maar seperti danau kering. Jenis gunung api maar seperti danau kering. Jenis gunung api maar tidak banyak. gunung berapi ini terbentuk karena ada letusan besar yang membentuk lubang besar pada puncak yang di sebut kawah. Gunung api maar memiliki corong. Contohnya Gunung Lamongan jawa Timur dengan kawahnya Klakah.

c)

Gunung api perisai
Di Indonesia tidak ada gunung yang berbentuk perisai. Gunung api perisai contohnya Maona Loa Hawaii, Amerika Serikat. Gunung api perisai terjadi karena magma cair keluar dengan tekanan rendah hampir tanpa letusan. Lereng gunung yang terbantuk menjadi sangat landai.


Pada umumnya bentuk gunung berapi di Indonesia adalah strato (kerucut). Gunung berapi yang pernah meletus, umunya berpuncak datar. Oleh karena itu, di Indonesia sering terjadi peristiwa gunung meletus. Magma yang keluar ke permukaan bumi ada yang padat cair dan gas. Material yang dikeluarkan oleh gunung api tersebut, antara lain:

1)

Eflata (material padat) berupa lapili, kerikil, pasir dan debu.

2)

Lava dan lahar, berupa material cair.

3)

Eksalasi (gas) berupa nitrogen belerang dan gas asam.

Ciri ciri gunung api yang akan meletus, antara lain:

1)

Suhu di sekitar gunung naik.

2)

Mata air mejadi kering

3)

Sering mengeluarkan suara gemuruh, kadang kadang disertai getaran (gempa)

4)

Tumbuhan di sekitar gunung layu, dan

5)

Binatang di sekitar gunung bermigrasi.

Tanda tanda ini menandakan intrusi magma yang terus mendesak ke permukaan, apabila desakan ini cukup kuat, yang terjadi adalah letusan gunung berapi. Setelah terjadi letusan Gunung itu mengalami istirahat, tetapi aktifitas gunung tersebut masih berlangsung, sehingga suatu saat dapat mengeluarkan suatu tanda tanda aktif kembali. Peristiwa vulkanik yang terdapat pada gunung berapi setelah meletus (post vulkanik), antara lain:

1)

terdapatnya sumber gas H2 S, H2O,dan CO2.

2)

Sumber air panas atau geiser.

Sumber gas ini ada yang sangat berbahaya bagi kehidupan. Bahkan dapat mematikan misalnya yang terjadi pada Kawah Sinila (Dieng) disamping berbahaya, gejala post vulkanik bermanfaat juga bagi kehidupan manusia. bahkan dapat juga dijadikan objek wisata , Misalnya air panas dan kawah gunung berapi.

Danau vulkanik
Setelah gunung merapi meletus atas kepundannya yang kedap air dapat menampung air dan membetuk danau. Danau vulkanik adalah danau yang terbentuk akibat letusan gunung yang kuat sehingga menghancurkan bagian puncaknya, kemudian membentuk sebuah cekungan besar, cekungan menampung air dan membentuk danau.

Contoh danau vulkanik, antara lain: danau di pucak gunung lokon di Sulawesi Utara dan Danau Kelimutu di Flores.


Manfaat dan kerugian vulkanisme
Peristiwa vulkanik selain memberikan manfaat juga dapat menimbulkan kerugian harta benda maupun jiwa. Keuntungan yang kita peroleh setelah vulkanisme berlangsung antara lain:

1)

Objek wisata berupa kawah (Kawah gunung Bromo ), sumber air panas yang memancar (Yellowstone di Amerika Serikat, dan Pelabuhan Ratu di Cisolok), sumber air mineral (Maribaya di Jawa Barat dan Baturaden di Jawa Tengah)

2)

Sumber energi panas bumi misalnya di kamojang, Jawa Barat.

3)

Tanah subur yang akan diperoleh setelah beberapa tahun kemudian.

Kerugian yang kita alami terutama adalah berupa jiwa dan harta benda, karena:

1)

Gempa bumi

yang dapat ditimbulkanya dapat merusak bangunan.

2)

Kebakaran

hutan akibat aliran lava pijar.

3)

Tebaran abu yang sangat tebal dan meluas dapat merusak kesehatan dan mengotori sarana yang ada.

2.

Bentuk muka bumi akibat diatropisme
Diatropisme adalah proses pembentukan kembali kulit bumi pembentukan gunung-gunung, lembah-lembah, lipatan lipatan dan retakan retakan. Proses pembentukan lembah kulit bumi tersebut karena adanya tenaga tektonik.

Tektonisme adalah tenaga yang berasal dari kulit bumi yang menyebabkan perubahan lapisan permukaan bumi, baik mendatar maupun vertikal. Tenaga tektonik adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi yang menyebabkan gerak naik dan turun lapisan kulit bumi. Gerak itu meliputi gerak orogenetik dan gerak epirogenetik. (orogenesa dan epiro genesa).

Gerak orogenetik adalah gerak yang dapat menimbulkan lipatan patahan retakan disebabkan karena gerakan dalam bumi yang besar dan meliputi daerah yang sempit serta berlangsung dalam waktu yang singkat.

a)

Lipatan, yaitu gerakan pada lapisan bumi yang tidak terlalu besar dan berlangsung dalam waktu yang lama sehingga menyebabkan lapisan kulit bumi berkerut atau melipat, kerutan atau lipatan bumi ini yang nantinya menjadi pegunungan. Punggung lipatan dinamakan antliklinal, daerah lembah (sinklinal) yang sangat luas dinamakan geosinklinal, ada beberapa lipatan, yaitu lipatan tegak miring, rebah, menggantung, isoklin dan kelopak.

 

Perhatikan gambar:

 

Pehatikan gambar!

 

a. lipatan tegak d. lipatan menggantung
b. lipatan miring e. lipatan isoklin
c. lipatan rebah f. lipatan kelopak
 

Patahan yaitu gerakan pada lapisan bumi yang sangat besar dan berlangsung yang dalam waktu yang sangat cepat, sehingga menyebabkan lapisan kulit bumi retak atau patah. Bagian muka bumi yang mengalami patahan seperti graben dan horst. Horst adalah tanah naik, terjadi bila terjadi pengangkatan. Graben adalah tanah turun, terjadi bila blok batuan mengalami penurunan.

  Pehatikan gambar!


   

b)

Gerak epirogenetic yaitu gerak yang dapat menimbulkan permukaan bumi seolah turun atau naik, disebabkan karena gerakan di bumi yang lambat dan meliputi daerah yang luas gerak epirogenetik di bedakan menjadi dua, yaitu gerak epiro genetic positif dan gerak epiro genetic negatif.

1.)

Gerak epirogenetic positif adalah gerakan permukaan bumi turun dan seolah olah permukaan air laut naik. Contoh, turunya pulau-pulau di kawasan Indonesia timur (Kepulauan Maluku dan kepulauan Benda.

2.)

Gerak epirogenetic negatif adalah gerakan permukaan bumi seolah-olah permukaan bumi naik dan seolah olah permukaan air turun. Contoh, naiknya dataran tinggi Colorado. Supaya lebih jelas, lihatlah gambar di bawah ini.

  e-dukasi.net
About these ads

Entry filed under: Geologi. Tags: .

145 Comments Add your own

  • 1. eva adja  |  December 5, 2006 at 6:41 am

    good information…

    Reply
  • 2. klastik  |  December 6, 2006 at 8:25 am

    terimakasih atas Commentnya

    Reply
  • 3. irpan  |  January 11, 2007 at 3:44 pm

    good post mas, ringan singkat and jelas, keep post pak n salam kenal

    Reply
  • 4. kelana  |  January 18, 2007 at 2:34 am

    bagus….. kalau boleh pakai flash biar lebih keren………

    damai itu idaman

    Reply
  • 5. tepong  |  January 24, 2007 at 1:30 pm

    ngcopy dari e-dukasi.net,yah???

    Reply
  • 6. erwin  |  February 5, 2007 at 12:20 pm

    mas minta gambar tektonisme

    Reply
  • 7. parompon  |  February 9, 2007 at 5:37 am

    cukup baik saya suka

    Reply
  • 8. hendrik  |  February 13, 2007 at 3:04 pm

    sangat menarik bung …………..

    Reply
  • 9. sari shinta  |  February 14, 2007 at 10:48 am

    good information. thanx ya…

    Reply
  • 10. catherine  |  February 21, 2007 at 3:50 am

    mas..kok gak ada penjelasn tentang kontraksi/penyusutan bumu si.. lagi butuh buwat tugas skolah ni..=]

    Reply
  • 11. catherine  |  February 21, 2007 at 3:51 am

    mas..kok gak ada penjelasn tentang kontraksi/penyusutan bumi si.. lagi butuh buwat tugas skolah ni.. sekalian penjelasan tentang bahan basalt..thx..=]

    Reply
  • 12. m.hidayat  |  February 23, 2007 at 1:09 pm

    thank so much……..aQ bisa ngerjain tugas geografi deeeee……

    Reply
  • 13. m.hidayat  |  February 23, 2007 at 1:13 pm

    yuuuup… aQ bisa bikin tugas geografi neeee.yang tentang asal usul bummmiiiii..,trims banyak wat semua informasinya…..From;dayat,sma9 pekanbaru….

    Reply
    • 14. anggun cie cie aw aw  |  August 11, 2012 at 1:31 pm

      sm donk. q jg ada tugas geografi tentang lapisan2 bumi………
      thanks ya…….. udah buat tugas q lbh ringan……….

      Reply
  • 15. b prayoga amalo dirdja  |  March 9, 2007 at 4:09 pm

    Ok deech! bagus banget info tentang gografinya, jadi saya bisa ngerjain makalah nich…. thank’s for all..! especially for Mr. putra p.

    Reply
  • 16. xc dkk  |  March 16, 2007 at 5:02 am

    1. GAMBARNYA KURANG LENGKAP BOOX
    2. GIMANA SICH KOK DATANYA KURANG LENKAP,PDHAL KITA PARA PELAJAR GI PERLU BGT GITCHU LOOOH…

    Reply
  • 17. Carl  |  March 16, 2007 at 6:05 am

    Terima kasih telah memberikan informasi tentang LITHOSFER

    Reply
  • 18. rahma  |  March 19, 2007 at 2:38 am

    thanx bgt ats infonya…..jd bs bwt tgs nee

    Reply
  • 19. NN  |  March 19, 2007 at 6:46 am

    MuNgKiN GuRuQ dApEt gaMbAR2NYA dArI SiSi nIH!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    kAn pAkE LCD kAlO gUrU2 Di sEkOlAhKu nGaJaR………
    daPeT gAmBaR DArI INTerNeT…….
    Mr.Dan (GuRu GeOGrAphYkU)dApEtNya daRi sInI yAch…….?????????
    LuMaYaN LENGKAP SiCh……..!!!!!!!

    Reply
    • 20. Margareth  |  November 22, 2011 at 4:56 am

      alay banget lo

      Reply
    • 22. ariefsaferman  |  September 1, 2012 at 1:19 pm

      yyy bagus2

      Reply
  • 23. aris  |  March 23, 2007 at 7:45 pm

    hah cape bacanya juga..ga kurang banyak tuh
    tambahin tektonik lempeng dunk.biar lebih lengkap geologinya!
    wah banyak yg baca ya!semangat trus mas

    Reply
  • 24. fina_marine oensrijd  |  April 6, 2007 at 8:41 am

    kerenz bgt maz tp kurang lengkap coz geologi struktur primer ma sekunder kurang JELAZZZZ….thanx ya maz gw jd bisa bwt tgs geola neehh chayooo…..

    Reply
  • 25. azhar  |  April 20, 2007 at 12:38 pm

    gambarnya kadang2 kok g keluar

    Reply
  • 26. Andang  |  April 29, 2007 at 1:11 pm

    bagus banget terus menulis ya, semoga menjadi ahli geologinya indonesia.ok semangat yo le….

    Reply
  • 27. kartika  |  May 16, 2007 at 2:55 pm

    ga lengkap

    Reply
  • 28. cP yEpH??  |  May 21, 2007 at 6:28 am

    wHoUw…iZiNyA nTu LeNgKaP bUnGdZz…sAmA LhuW..kYk yG DiaJrN My TeaChErZz….oKe..gOod lUcK YePh…

    Reply
  • 29. CiTaX..  |  May 21, 2007 at 6:30 am

    mAnA gAmBArny???k o’G KeLuAR?

    Reply
  • 30. &to  |  May 25, 2007 at 8:09 am

    makacih ya…..atas infonya

    Reply
  • 31. lucky  |  May 26, 2007 at 10:55 am

    bagessssssssss!!!!!!!

    Reply
  • 32. steffy saragih  |  July 30, 2007 at 8:41 am

    mas.. bisa minta gambar penjelasan dan gambar eksogen dan endogen buat tugas sekolah … besok mau di kumpulkan kalau bisa dikirim hari ini…

    Reply
  • 33. irshadi bagas  |  August 9, 2007 at 11:59 am

    Kak… kok gambarnya ga bisa dibuka??? Kenapa??? aku perlu gambarnya untuk diprint n dibawa kelokasi syuting u dipelajari…
    Makasih sebelumnya ya Kak..

    Reply
  • 34. andika selanno  |  August 24, 2007 at 10:26 am

    aduuuuuuuuuuuh ga lengkap bgt sicccccccccch……..capeeeeeeeeeeeeeeeeeeee deh………….

    Reply
  • 35. andika selanno  |  August 24, 2007 at 10:31 am

    terusan nya : mas jgn pantang mundur ya……keep your spirit okey………kekurangan nya cuma di gambar……..bye!!!!!!!!

    Reply
  • 36. aKu  |  August 29, 2007 at 8:40 am

    wah…gambarnya koq ndak bs diliat ya

    Reply
  • 37. arin  |  August 30, 2007 at 9:04 am

    bagus…………!!!!!!!!!!!!!!

    Reply
  • 38. top secret  |  August 30, 2007 at 12:54 pm

    tambahin artikel yang bagus dong

    Reply
  • 39. alexa  |  August 31, 2007 at 7:58 am

    makacuih bgt dah bntu gw bwt ngerjain tugas IPS. yg nyuruh gw buka website ni tuh guru gw loh!! ada kemungkinan beliau jg ngajar pke informasi dr sni

    Reply
  • 40. Yohanes Christianto  |  September 4, 2007 at 11:13 am

    wuihhhhhhhh lengkap loooooooooooooooo
    THX yahhhhhhhhhhhhh buat tugas sekolah niiiiiiiiiiiiiiiiiiiii!

    Reply
  • 41. EMilia Tiara  |  September 9, 2007 at 2:30 am

    Makasih buat informasinya. Aku minta gambar struktur perlapisan bumi donkk…..!

    Reply
  • 42. Na  |  September 21, 2007 at 5:44 am

    BanYakin aBout TeNaga eKsoGen nya duNkz!!!!!!!!!!

    Reply
  • 43. cute  |  September 25, 2007 at 5:57 am

    jenis batuan itu aja?
    kurang lengkap!

    Reply
  • 44. fchrz fthn  |  September 27, 2007 at 2:06 pm

    thx

    Reply
  • 45. fchrz fthn  |  September 27, 2007 at 2:08 pm

    atas gambarnya yg keren abisz !!

    Reply
  • 46. arief  |  September 29, 2007 at 4:32 am

    pengen tau,penyebab erosi pa batuan sedimen ap aj??

    Reply
  • 47. yunita  |  October 1, 2007 at 6:26 am

    saya pengen tau tentang litosfer lebihlengkapnya

    Reply
  • 48. joong gook kim  |  October 8, 2007 at 7:32 am

    bgus si
    tp krang lengkap ^^

    Reply
  • 49. sucma  |  October 21, 2007 at 11:26 am

    thanks bwt informasix,, yach…
    aQ ngopi dikit2 ga’ pa2,, kan…
    hEhEhE…
    once again,, thankzzzz

    Reply
  • 50. reyner  |  October 23, 2007 at 12:48 pm

    sangat jelek,kaga komplit

    Reply
  • 51. TRI WAHYOO  |  October 27, 2007 at 10:34 am

    bgus mas,kembangin lgi yeeeeeeee
    tpi lbih mnarik pke gambar
    pokkx bgus dech………

    Reply
  • 52. Darwin  |  November 8, 2007 at 3:05 am

    cukup baik bung….tapi lebih ok klo disertai gambar-gambar pendukung….thank….

    Reply
  • 53. bandzzzz gthcu!!!!!  |  November 8, 2007 at 8:23 am

    informasi yang diberikan sudah cukup baik namun kurang lengkap….
    tolong dilengkapi ya..

    Reply
  • 54. fanny ~fitri  |  November 10, 2007 at 1:16 am

    good information tp
    gamnbarnya kok ga ada lain
    kali dilengkapi ya……….
    Thanks buanget………….

    Reply
  • 55. limoetz  |  November 11, 2007 at 2:15 pm

    wuah kurang seruuu…!!! coz kurang da gambarnya begitchu….jadi tlong ditambah gambarnya zaa…biar tambah sueruuu!!!!……=p

    Reply
  • 56. ida  |  November 24, 2007 at 3:18 am

    perhatikan gambar, tapi kok ga da gmbrnya. gma se???

    Reply
  • 57. dak n nyuk  |  November 27, 2007 at 1:22 pm

    kalian yg nyiptain website ini keren…

    aq salut ma kalian semua….

    Reply
  • 58. Panji  |  November 29, 2007 at 8:12 am

    Masssssss….suruh perhatikan gambar kok tak kunjung muncul pula..APA KATA DUNIA???

    Reply
  • 59. talita  |  December 19, 2007 at 3:58 am

    matur nuwun
    gambarnya mana ya????/

    Reply
  • 60. Phyta  |  December 21, 2007 at 1:06 pm

    Koq gAmbarNya nGga’ aDa c????

    Butuh ney…

    dasar…

    Reply
  • 61. putra pamungkas  |  December 21, 2007 at 3:19 pm

    Kalo mau mencari gambar langsung masuk aja ke situs http://www.e-dukasi.net.

    Reply
  • 62. himazaqi  |  January 1, 2008 at 5:47 am

    gambare pundi mas???

    Reply
  • 63. catherine zeta jones  |  January 7, 2008 at 6:55 am

    duwh mas kayakna kurang lengkap neeeeeeeeh

    ;>

    Reply
  • 64. putra pamungkas  |  January 7, 2008 at 2:55 pm

    Ok nanti ditambahain yang lebih banyak lagi

    Reply
  • 65. windy  |  January 8, 2008 at 9:13 am

    makasih ya mas, informasinya bisa nambahin bahan karya tulis aku

    Reply
  • 66. orang ganteng goblok  |  January 10, 2008 at 10:08 am

    bagus banget nihh

    Reply
  • 67. tao asu  |  January 15, 2008 at 3:57 pm

    Wah lengkap banget bro,anda memang cerdas, semangat ya

    Reply
  • 68. putra pamungkas  |  January 15, 2008 at 6:02 pm

    tao, thanks atas commentnya

    Reply
  • 69. ririn  |  January 16, 2008 at 1:15 pm

    bagus banget nieh…, informasinya lengkp. thanks banget…, jadi bisa nambahin materi tugas.

    To Ririn

    Terimakasih sudah berkunjung disini ya

    Reply
  • 70. fikri  |  January 16, 2008 at 2:37 pm

    makasihhh bgt mas atas infonya…
    tugas saya jadi bisa cpt selesai..

    Reply
  • 71. putra pamungkas  |  January 16, 2008 at 2:48 pm

    iya sama sama, terimakasih sudah berkunjung

    Reply
  • 72. agus maulana  |  January 17, 2008 at 2:48 am

    terimakasih ya mungkin dengan ini aku bisa belajar lebih mudah

    Reply
  • 73. agus maulana  |  January 17, 2008 at 2:56 am

    trims

    Reply
  • 74. Novick  |  January 20, 2008 at 4:21 am

    Thankz yaw buat putra pamungkaz U dah ngasih info yang gw cari

    Reply
  • 75. ToRRo  |  January 21, 2008 at 2:15 pm

    Tq BangetZ Klop banget ma’ tugas gw

    Sekali lagi Tq bangets

    Terus Upload Informasi yang Dibutuhkan Org ya ! ^^

    Pokoke Mak nyos Lah

    Reply
  • 76. putra pamungkas  |  January 21, 2008 at 2:30 pm

    Terimakasih Telah berkunjung. bila ada pertanyaan silahkan hubungi saya

    Reply
  • 77. ginta  |  January 21, 2008 at 3:42 pm

    thanks ya bwt infonya…!!

    Reply
  • 78. ginta  |  January 21, 2008 at 3:55 pm

    TOLONG JELASIN DONK DEFINISI LIPATAN TEGAK; LIPATAN MIRING LIPATAN MENGGANTUNG LIPATAN ISOKLIN LIPATAN REBAH & LIPATAN KELOPAK..kok ga d jelasin..saya mohon tolong di jelaskan..makasih

    Reply
  • 79. ginta  |  January 21, 2008 at 4:01 pm

    mas tolongin saya donk…kasi penjelasannya…
    pleaseeee…butuh banget ni mas……bwt tgs sekolah

    Reply
  • 80. putra pamungkas  |  January 21, 2008 at 4:24 pm

    itu semua merupakan jenis2 dari lipatan dimana setiap lipatan mempunyai perbedaan dalam hal bentuk, struktur dan gaya,

    LIPATAN MIRING adalah lipatan yang sayapnya miring landai
    LIPATAN ISOKLIN atau lipatan Tertutup adalah lipatan dengan kedudukan sayap-sayapnya sejajar atau hampir sama.
    LIPATAN REBAH atau Recumbent Fold, merupakan lipatan membalik dimana sayap-sayapnya berkedudukan hampir horisontal
    oke nanti akan saya jelaskan lebih lanjut dan akan saya sertakan gambarnya

    Reply
  • 81. sari na andi  |  January 23, 2008 at 10:59 am

    mkciiiii
    w jd teu n tugas w sLse dEch…
    hahaha

    Reply
  • 82. sUzuki KaokI  |  January 24, 2008 at 9:12 am

    kEreNd….bUt,,,gAmbArnYa dEh….tAmbaIn dUnkZ!
    tHankS yuPz…

    Reply
  • 83. sUzuki KaokI  |  January 24, 2008 at 9:20 am

    tEng Q…aD bBrapA yG g Da d Buku Aq jD bSa tW…

    Reply
  • 84. shevien  |  January 24, 2008 at 9:27 am

    lagi nyari tenaga eksogen bwt kliping nih mudah2an ktmu yawh!!!

    >makasih<

    Reply
  • 85. ginta  |  January 26, 2008 at 5:46 am

    makasih ya mas uda di jelaskan..
    tapi saya masi butuh penjelasan untuk LIPATAN TEGAK. LIPATAN MENGGANTUNG & LIPATAN KELOPAK kalo bisa lebih spesifik lagi mas.. penjelasan2 yg kemarin itu yg LIPATAN TEGAK LIPATN ISOKLIN LIPATAN REBAH masi bisa di perpanjang lagi ga mas…
    Makasih bnyk yaa mas..mas mau bantu saya..
    sekarang jelasinnya bisa kan mas…

    Reply
  • 86. ginta  |  January 26, 2008 at 6:25 am

    haloo..mas…tolongin saya lagi yaa..masih butuh banget ni mas penjelassanya…Makasih atas perhatiannya..

    Reply
  • 87. kay  |  January 26, 2008 at 7:18 am

    wuaahhh….makazi byk ni mas…bgitu buka page-nya mas putra, sy lgsg dapet pencerahan bwt tugas geo tntg lipatan!
    dari 2 jem yg lalu sy pusing2 d intrnet, kaga dpt2 tntg lipatan, dptnya malah bhs inggris.
    kalo bs diperjelas pake translation indonesianya ya mas.
    tenkyawh braatt…

    Reply
  • 88. tuttut  |  January 28, 2008 at 10:43 am

    boleh diprint kan?
    minta ya?
    Tengkiu

    Reply
  • 89. aicha  |  January 29, 2008 at 9:58 am

    yah lumayan lah…but thanks yah…

    Reply
  • 90. Ibnu & Janur  |  January 29, 2008 at 12:22 pm

    bagussssssss bgt, tp ada yg krg sdkt. Seismenya ga ada

    Reply
  • 91. Fara Citra  |  January 31, 2008 at 8:59 am

    keren. bagus banget. makasih banget ya…
    mbantu aku banget buat nambah materi tuk tugas presentasi. once more,,,, thanks a lot.

    klo boleh tanya, pny friendster ga?

    Reply
  • 92. rhaaraa  |  February 1, 2008 at 1:28 pm

    waah !! manteb bgdht dah .. tgas geografii gw . Lgsung sLesaii semuah ..
    thengs atas informasinya ..

    Reply
  • 93. agnes neh  |  February 3, 2008 at 12:48 pm

    bagoeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeees banged,,,,,,

    jadi nambah neh wawasan kuw……

    sukses truz ya mazzzzzzz………….

    from:
    __gue nyang imut__

    Reply
  • 94. Ryan  |  February 5, 2008 at 1:52 pm

    Keren…! Thx… ngebantu bgt…
    pertahankan prestasimu demi perdamaian dunia…

    Reply
  • 95. mahdia  |  February 6, 2008 at 8:26 am

    Saya minta pisahin satu-satu dong pengertiannya

    Reply
  • 96. UMMU  |  February 7, 2008 at 8:05 am

    SIIIIIIIIIIP !!!!!!! banget kapan kan boleh kunjungi web kamu lagi kan???? lam persahabatan n’ kenal z ya…. ehhhh, mas’nya kuliah atau masih sekolah atau malah dah punya profesi sendiri?? klo boleh tau dimana y???

    Reply
  • 97. AvE  |  February 9, 2008 at 1:39 pm

    WooW………… fUnTaStIc DeCh PoKoKnA!!!!!!!!!!!!!
    DaRi CinI aQ bSa NgErJaEn TuGaS aQ dG mUdAh aNd lUeNgKaP,,, tHaNkZzZ bUuUuUaAaAnNgGeEeEeEtTtTtTtTzZzZ YaW MaZzZz

    Reply
  • 98. Frantz Arno Mandy  |  February 12, 2008 at 8:34 am

    thx bngt yach, tugsq jd bnyk kebantu, tp sayangnya kq ga ada rinician tentang tenaga endogen n tenaga eksogen….

    Reply
  • 99. SIr James Koko Lomel  |  February 14, 2008 at 7:34 am

    wah2……
    lengkap sih, tapi gmna caranya mas ngilangin kotak-kotakan

    Reply
  • 100. bunga  |  February 14, 2008 at 9:00 am

    makaciy bgt zaa….. tmbh lg infonya, biar qt2 jg tmbh tau banyak

    Reply
  • 101. Gix  |  February 14, 2008 at 12:42 pm

    Mazz…bsa jlzn ttg lapisan barisfer,lpsn pgntara n lpisan lithosfer??pliz..jlznnx yg sjlz2nx bgt y..
    thx b4

    Reply
  • 102. kelo810c  |  February 15, 2008 at 8:54 am

    sangat bagus dan ringkas

    Reply
  • 103. suci  |  February 16, 2008 at 1:38 am

    kok gak ada keterangan tentang peristiwa sebelum terjainya dan sesudah terjadinya gunung meletus…
    aku ada tugas neh

    Reply
  • 104. Ferc  |  February 20, 2008 at 10:48 am

    pada nanya apaan?

    Reply
  • 105. aksin  |  February 23, 2008 at 1:23 pm

    blog bagus!! keren, tapi kenapa tiap blog GEOLOGI kok mirip ya?? tapi KEEP FIGHT!! THANKS

    Reply
  • 106. ipang  |  February 25, 2008 at 2:35 pm

    okeeeeeeeeeeeeeee!

    Reply
  • 107. Bomber  |  February 26, 2008 at 9:41 am

    Mas g lg bth artikel tenaga endogen sm eksogen nee…. koq ga ad yach???

    Reply
  • 108. Ivand  |  March 2, 2008 at 1:31 pm

    Thx yacH dagh.. ksh tAw tEntAng Litosfer.
    End tgAs gU sEleSai jG dEch Stelah 2 mNggu. hoho

    Reply
  • 109. zwanzig  |  March 3, 2008 at 1:22 pm

    woyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy
    kalimat2x nya susah di blok ‘n susah di pindahin ke word!!!!!!!!!!!!

    Gimasih…………………………….

    Reply
  • 110. pu-3 arum  |  March 10, 2008 at 7:31 am

    thanks bwget… bwt ttg artikelnya. coalnya q bisa ngerjakn tugs2 n dpet nilai bgus.. ^_^

    Reply
  • 111. Aris  |  March 17, 2008 at 9:38 am

    Makasi mas berkat mas tugas saya cepat selesai

    Reply
  • 112. zuzan  |  March 25, 2008 at 5:44 am

    gambar kuuuurangggggggg bbbbbbgttttttttt cari gambar yang banyak n bagus ya! .
    penjelasannya yang banyak n lengkap dong

    Reply
  • 113. gie  |  March 28, 2008 at 12:21 pm

    Tolong dunk jelasin tentang susunan lapisan Bumi..???
    penjelasannya yang banyak n lengkap ya… n ma gambar2nya sekalian..

    Reply
  • 114. Enggar  |  March 29, 2008 at 2:16 am

    Penjelasanya kurang.But,nambah pengetahuan saya.

    Reply
  • 115. Suwandi Bagas  |  May 16, 2008 at 11:50 pm

    wah aku jadi tahu nih , jadi nambah pengetahuan ku
    kunjungi juga yah http://www.suwandi-bagas.blogspot.com
    terima kasih

    Reply
  • 116. dara  |  August 11, 2009 at 2:25 am

    gambarna kurang lengkap…
    komputerna lola lagei,,

    Reply
  • 117. kiki  |  August 12, 2009 at 8:32 am

    nyontek dari e-dukasi.net lo

    Reply
  • 118. adhitya  |  September 7, 2009 at 6:29 am

    mantrap bz kerjain tugas deh
    cuma kurang gamabar

    Reply
  • 119. ozie  |  September 18, 2009 at 8:01 am

    thx.. nolonk gw banget ni….

    Reply
  • 120. dwijayady@Ipot  |  September 30, 2009 at 4:13 pm

    thanks……….
    kliping gue jadi makin lengkapz……………………………..

    Reply
  • 121. bebby  |  October 4, 2009 at 12:05 pm

    gambarnya kurang jelas

    Reply
  • 122. nabila  |  December 1, 2009 at 10:10 am

    thanx y ni dah mmperluas pngetahuan q

    Reply
  • 123. nabila fazrin  |  December 1, 2009 at 10:16 am

    lngkap bgt y ni
    thanx bgt y dah mmperluas pngetahuan q
    tp ni gmbar’y kurang lngkaptp gpp dech
    yg pnting da pngertian’y
    skli lg thanx y

    Reply
  • 124. ndii =)  |  December 13, 2009 at 7:26 am

    hhe,,
    mkassi ,,jadi kelar neh tugasnyann

    Reply
  • 125. nesha  |  January 8, 2010 at 1:01 pm

    sekalian buatin power point nya dooonk

    Reply
  • 126. zulfikar  |  January 13, 2010 at 7:26 am

    makasih banyak yaaa udah kasih ue banyak informasi litosfer,,,kalo gak ni pr gak selesai selesai

    Reply
  • 127. ajeng  |  February 5, 2010 at 1:19 pm

    makasih ya infonya

    Reply
  • 128. sheva  |  February 7, 2010 at 4:24 am

    mksh ya,tpi gmbrx kurang

    Reply
  • 129. rohandes  |  February 8, 2010 at 7:43 am

    masa gak da pengertian tentang lempeng secara mendetail seh gak banget deh?

    Reply
  • 130. aditya  |  March 5, 2010 at 4:05 pm

    datanya kurang.
    bnyak data yang yang g sma dengan ilmu yang saya dapat di kmpus. tlong di koreksi lg ok!!!!!!!!!

    Reply
  • 131. aditya  |  March 5, 2010 at 4:08 pm

    trutama lapisan kerak bnua itu setau saya adalah 0-70 km bkn 200 dan kerak samudra kira2 5km.

    Reply
  • 132. Putri aquel moeslim  |  July 28, 2010 at 1:45 am

    Bagus koqaa.. :)
    tpi Pelapukan Gunung berapi nya Tolong dong..
    ada tugas nih.. !!

    Reply
  • 133. Putri aquel moeslim  |  July 28, 2010 at 1:47 am

    baagus koq.. :)
    Tpi Pelapukan Gunung berapi nya koq gk ada..?? :(
    tolong dong di lengkapin lgi…
    yah.. ^_^

    Reply
  • 134. eva nurdiana  |  July 29, 2010 at 12:41 pm

    ah………………..
    gx lengkap nih!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1
    tmbah geh”””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””’……………………………………………………………………………………………………………………………

    Reply
  • 135. akbar ahaza  |  August 4, 2010 at 12:24 pm

    gambarnya kurang banyak ni,,,,,,

    Reply
  • 136. rafidal  |  October 24, 2010 at 12:21 pm

    mangstab nih inpoh nya

    Reply
  • 137. tomi wigra  |  January 18, 2011 at 9:41 am

    thanx ya mas….

    Reply
  • 138. yoga pratama  |  January 23, 2011 at 4:58 am

    mantap ni mas, izin copy wat tgas

    Reply
  • 139. bella angelina  |  January 31, 2011 at 3:11 am

    bagGuzzzzzz Bgtt
    lengkap and padat,
    thanx’s bwatT infonya

    Reply
  • 140. witri  |  February 5, 2011 at 7:02 am

    makasih bangt yuaaaaaaa
    udh bntu ngerjain tgs

    Reply
  • 141. rio  |  February 18, 2011 at 3:59 am

    kk pengertian lipatan miring ko ga ada?

    Reply
  • 142. Yance Oka Rafiola  |  July 1, 2011 at 3:48 am

    terima kasih udah membantu saya dalam mencari tugas

    Reply
  • 143. Fia  |  August 26, 2011 at 4:40 am

    Gambarnya kok gk muncul ya??? Qw butuh bnget

    Reply
  • 144. dewi  |  February 7, 2012 at 12:32 pm

    tapi pas ulangan, lithosfer jawabnya kerak bumi salaah

    Reply
  • 145. echapalandi  |  March 1, 2012 at 10:49 am

    nice info.. thx.. realy helping..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Subscribe to the comments via RSS Feed


SELAMAT DATANG

Tulisan Baru

Tulisan sebelumnya

Yang Lagi Baca

page counter

Pengunjung Situs Ini

Pengunjung

  • 501,129 Pembaca
Pagerank

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Join 8 other followers


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: