Akankah Tanah Jakarta Terus Ambles

April 19, 2008 at 6:07 pm

Seiring dengan semakin meledaknya jumlah penduduk dan pembangunan gedung pencakar langit, di tambah dengan eksploitasi Airtanah oleh penduduk maupun industri secara Besar-besaran hal ini mengakibatkan struktur tanah menjadi lemah, karena semakin besar beban yang ada maka  akan membuat tanah tidak mampu lagi menahan beban  dan terjadilah beberapa amblesan.

Permukaan tanah di Jakarta saat ini mengalami penurunan cukup signifikan. Dalam kurun waktu 20 tahun terakhir permukaan tanah ibukota ambles hingga 1,2 meter. Menurut Foke, untuk dapat menghentikan permasalahan tersebut, pemerintah provinsi DKI Jakarta meminta untuk menyesuaikan dengan peraturan daerah yang ada. Kemudian juga menjamin substitusi pasokan air bersih.

Untuk mengatasi masalah masalah tersebut saat ini pemerintah kota Jakarta Berencana menaikkan tarif air, namun apakah hanya dengan menaikkan retribusi atau tarif air permasalahan tanah ambles dapat teratasi sedangkan pembangunan gedung-gedung pencakar langit terus berdiri tanpa memperhatikan kedepannya, dimana tanah dijakarta khususnya area di utara Jakarta sebagian tanahnya dari jenis pasir, bukan jenis lempung Tanah jenis ini jika ditambah syarat lain yakni bersifat lepas (tidak padat) dan jenuh air.

Sumber:

– okezone.com

– Antara.co.id

Entry filed under: Diskusi. Tags: .

Komunikasi Data di Lokasi Pertambangan Kini Semakin Mudah Semburan Lumpur Muaraenim Akan Dihentikan


SELAMAT DATANG

RSS Info Gempa

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Tulisan sebelumnya

Yang Lagi Baca

page counter

Pengunjung Situs Ini

Pengunjung

  • 634,875 Pembaca
Pagerank

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Join 8 other followers


%d bloggers like this: