8 Aksi Sederhana Cinta Bumi

February 24, 2011 at 9:14 am Leave a comment

Dengan melakukan langkah sederhana dalam keseharian, kita bisa berbuat banyak untuk bumi. Delapan hal ini sebenarnya bukan hal yang baru. Sayangnya, kita sering lupa melakukannya. Lakukan aksi ini mulai dari sekarang!

Buang sampah pada tempatnya. Waduh, ini harus diingatkan terus, nih. Soalnya, kadang kita suka “lupa” gara-gara nggak melihat tong sampah di sekitar. Sebelum membuang sampah, ingatlah kalau banjir, polusi tanah dan sebagainya terjadi karena tumpukan sampah. Simpan dulu sampah tersebut dalam tas sampai menemukan tong sampah.

Pilah dan pisahkan sampah, organik dan non organik. Di publik area sudah banyak tersedia tong sampah yang dipisah. Coba lakukan juga di rumah kita. Ini sangat bermanfaat untuk mengolah sampah. Sebaliknya, sampah yang tercampur akan merepotkan untuk didaur ulang.

Nggak meminta kantong plastik saat berbelanja. Cukup ditaruh dalam tas atau bawa kantong kain. Bayangin deh, sekitar 1 triliyun plastik digunakan tiap tahunnya, dan sampahnya banyak banget. Padahal, satu plastik aja baru bisa terurai di tanah setelah ratusan tahun.

Matikan lampu di siang hari. Rumah merupakan salah satu penyedot listrik terbesar di bumi. Dengan mematikan lampu bisa efisien energi listrik serta mengurangi emisi yang dihasilkannya.

Kurangi waktu mandi (Sebaiknya nggak lebih dari 10 menit). Dengan mengurangi waktu mandi 1 menit, bisa menghemat 500 galon air dalam setahun.

Nggak membiarkan keran menyala (terus mengalir) saat kita sikat gigi dan memakai sabun. Hemat air!

Ikutan car free day. Ini sama artinya dengan kita mendukung kampanye cinta bumi untuk mengurangi pencemaran udara di kota kita.

Tularkan 7 hal diatas ke orang-orang di sekitarmu. Menjadikan bumi lebih baik adalah tanggung jawab kita bersama.

By http://www.gadis.co.id/mobile/article/mobArticleDetail.aspx?mc=001&smc=006&ar=85

Entry filed under: Lingkungan. Tags: .

WordPress 3.1 telah Tersedia. Segera Update WordPress Anda! Semburan Lumpur Lapindo Baru Berhenti 26 Tahun Lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


SELAMAT DATANG

RSS Info Gempa

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Tulisan sebelumnya

Yang Lagi Baca

page counter

Pengunjung Situs Ini

Pengunjung

  • 634,404 Pembaca
Pagerank

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Join 8 other followers


%d bloggers like this: