Rotasi Inti Bumi Berputar Lebih Cepat

March 4, 2011 at 5:36 am Leave a comment

inti bumi

Penelitian baru memberikan perkiraan yang akurat pertama berapa besar cepat inti Bumi berputar dibandingkan dengan seluruh planet ini.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa inti bumi berputar lebih cepat daripada bagian planet ini. Namun, para ilmuwan dari University of Cambridge telah menemukan bahwa perkiraan sebelumnya 1 derajat setiap tahunnya adalah akurat dan bahwa inti sebenarnya bergerak jauh lebih lambat dibandingkan sebelumnya diyakini – sekitar 1 derajat setiap juta tahun.Temuan mereka dipublikasikan pada tanggal 20 Februari, dalam jurnal Nature Geoscience.

Inti didalam tumbuh sangat lambat dari waktu ke waktu sebagai bahan dari fluida inti luar membeku pada permukaannya. Selama proses ini, sebuah perbedaan hemispherical timur-barat di kecepatan adalah beku ke dalam struktur inti.

“Tingkat rotasi lebih cepat tidak sesuai dengan belahan diamati dalam inti batin karena tidak akan memberikan waktu yang cukup bagi perbedaan untuk membekukan ke struktur,” kata Lauren Waszek, penulis pertama di atas kertas dan seorang mahasiswa PhD dari University of Cambridge Departemen Ilmu Bumi. “Ini sebelumnya telah menjadi masalah besar, karena dua sifat tidak bisa hidup berdampingan. Namun, kami berasal tarif rotasi dari evolusi struktur hemispherical, dan dengan demikian penelitian kami adalah yang pertama di mana belahan dan rotasi secara inheren kompatibel.”

Untuk penelitian ini, para ilmuwan menggunakan gelombang tubuh seismik yang melewati inti batin – 5200km di bawah permukaan bumi – dan dibandingkan waktu perjalanan mereka ke gelombang yang mencerminkan dari permukaan inti. Perbedaan antara perjalanan kali ini gelombang memberi mereka struktur kecepatan 90 km paling atas inti

Mereka kemudian harus mendamaikan informasi ini dengan perbedaan kecepatan untuk belahan timur dan barat inti. Pertama, mereka melihat perbedaan timur dan barat hemispherical dalam kecepatan. Mereka kemudian dibatasi dua batas yang memisahkan belahan dan menemukan bahwa mereka berdua konsisten bergeser ke arah timur dengan kedalaman. Karena inti tumbuh dari waktu ke waktu struktur yang lebih dalam karena itu lebih tua, dan pergeseran dalam batas-batas antara dua hasil belahan dalam inti berputar dengan waktu. Tingkat rotasi karena itu dihitung dari pergeseran batas-batas dan laju pertumbuhan inti.

Meskipun inti terdalam adalah 5200km di bawah kaki kita, pengaruh kehadirannya sangat penting terutama pada permukaan bumi. Secara khusus, sebagai inti tumbuh, panas yang dilepaskan selama konveksi solidifikasi drive dalam cairan di luar inti. Tanpa medan magnet kita, permukaan tidak akan dilindungi dari radiasi matahari, dan kehidupan di Bumi tidak akan bisa eksis.

Entry filed under: Berita, Geologi. Tags: .

Thermometer Membantu Para Ilmuwan Untuk Menentukan Formasi Batuan Cara sederhana mengetahui kandungan dan kadar mineral logam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


SELAMAT DATANG

RSS Info Gempa

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Tulisan sebelumnya

Yang Lagi Baca

page counter

Pengunjung Situs Ini

Pengunjung

  • 634,875 Pembaca
Pagerank

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Join 8 other followers


%d bloggers like this: