7 Tips Keselamatan untuk Mengurangi Kecelakaan Pada Kegiatan Pertambangan

August 23, 2016 at 3:36 pm Leave a comment

Bekerja di pertambangan adalah bisnis yang sangat berisiko tinggi. Awal tahun ini, seorang pria tewas dalam kecelakaan di tambang tembaga di Australia. kecelakaan lain di sebuah tambang batu bara di barat daya China merenggut 22 jiwa. Bahkan, China memiliki beberapa tambang yang paling berbahaya di dunia, dan pihak berwenang telah bergegas untuk mencoba menegakkan peraturan keselamatan.

1. Jangan Abaikan Bahaya

Langkah pertama untuk menjaga keamanan Anda adalah untuk lebih sadar akan fakta bahwa bekerja di pertambangan itu berbahaya. Menerima bahwa industri pertambangan secara inheren penuh dengan bahaya dan tetap waspada setiap saat pada pekerjaan.

2. Tugas Berbahaya Membutuhkan Perencanaan dan Komunikasi

Ketika merencanakan tugas, tidak hanya memikirkan menyelesaikan seefisien mungkin. Membagikan ekstra waktu dan uang untuk persyaratan keselamatan. Tidak pernah membahayakan keselamatan karyawan Anda ketika mencoba untuk memenuhi tenggang waktu atau untuk meningkatkan kualitas pekerjaan. Semua risiko harus dinilai, termasuk kemungkinan kecelakaan. Cobalah untuk menghilangkan risiko sebanyak mungkin. Di mana risiko masih ada, memberikan tim Anda dengan instruksi yang jelas dan mendidik mereka tentang bagaimana untuk mengurangi itu.

3. Mengikuti Pelatihan Profesional

Semua anggota tim harus menjalani pelatihan keselamatan rutin. Ini seharusnya tidak hanya berlaku untuk anggota tim baru. Bahkan karyawan lama harus diwajibkan untuk mengikuti kursus penyegaran. sesi pelatihan keselamatan yang mengandung teori dan komponen praktis bisa sangat membantu. Pekerja yang mengambil peran berat dapat dikirimkan untuk pemeriksaan kesehatan dan kebugaran untuk menentukan apakah mereka mampu mengambil tuntutan fisik pekerjaan mereka.

4. Selalu memakai Alat Keselamatan

Ada beberapa peralatan keselamatan yang digunakan pekerja pertambangan untuk perlindungan mereka, dari helm, sepatu, kacamata dan sarung tangan. Sangat penting bahwa semua pekerja diwajibkan memakai peralatan keselamatan yang diperlukan setiap saat. 

5. Mengawasi Tim Anda

Semua anggota tim harus mengikuti instruksi keselamatan tanpa pengecualian. Seorang supervisor juga harus rajin menindaklanjuti dan menegakkan aturan. Supervisor juga perlu mengetahui keberadaan semua anggota tim di seluruh setiap shift. Demikian juga, semua pekerja harus terus diberi informasi tentang apa yang mereka lakukan sepanjang hari. Jangan pernah membiarkan anggota tim untuk melanggar aturan keselamatan.

6. Dokumen Prosedur Keselamatan Anda

Ketika kecelakaan terjadi, semua anggota tim harus tahu persis apa yang harus dilakukan. prosedur keselamatan harus didefinisikan secara jelas. Ketika mendokumentasikan prosedur keselamatan, menggambarkan berbagai peristiwa yang mungkin terjadi, apa yang perlu dilakukan dan siapa yang harus dihubungi. prosedur keselamatan harus ditampilkan secara jelas di lokasi yang dapat dengan mudah diakses oleh anggota tim.

7. Ikuti Standar Keselamatan Terbaru

Pastikan semua peralatan keselamatan tersedia secara lengkap dan memenuhi semua standar keamanan terbaru. Jangan pernah mencoba untuk menghemat peralatan keselamatan. Jika item tidak lagi sesuai dengan standar keselamatan saat ini, harus menggantinya dengan yang baru,  Jangan pernah membiarkan staf untuk menggunakan peralatan keselamatan usang, bahkan untuk waktu singkat.

Jumlah insiden yang terkait dengan keselamatan di industri pertambangan yang tinggi. Sayangnya, beberapa tragedi yang terjadi tidak bisa dicegah. Jangan mengulangi kesalahan yang telah dibuat oleh orang lain. Sementara risiko tidak dapat dihilangkan sepenuhnya, berikut tips di atas dapat membantu secara signifikan.

Entry filed under: Diskusi, Pertambangan. Tags: .

Menyambut Gerhana Matahari Mengenal Apa Itu Blindspot ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


SELAMAT DATANG

RSS Info Gempa

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Tulisan sebelumnya

Yang Lagi Baca

page counter

Pengunjung Situs Ini

Pengunjung

  • 634,875 Pembaca
Pagerank

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Join 8 other followers


%d bloggers like this: